MENGENAL JENIS-JENIS NUGGET DAN SEJARAHNYA


*masakapahariini.com

Nugget adalah salah satu makanan hasil olahan daging yang memiliki cita rasa yang khas, dan biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini, nugget merupakan produk olahan makanan yang banyak digemari oleh segala kalangan. Belakangan ini nugget semakin menarik minat masyarakat karena harganya yang terjangkau serta mudah dalam pengolahannya.

Salah satu jenis nugget yang banyak digemari adalah nugget ayam. Berupa makanan berbahan dasar ayam yang dibentuk kemudian dilapisi tepung roti dan telur, lalu digoreng menggunakan minyak kelapa atau minyak nabati.

Resep nugget ayam pertama kali dipublikasikan pada tahun 1963 oleh Robert Carl Baker dalam karyanya Cornell Bulletin, beliau merupakan seorang profesor ilmu pangan dan ilmu unggas Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat. Namun, karya ini tidak dipatenkan oleh beliau.

Nugget ayam kemudian di populerkan pertama kali oleh McDonald’s pada tahun 1983 dan diberi nama Chicken McNuggets sebagai alternatif dari daging sapi.

McNuggets pertama kali dibuat oleh Tyson Foods, sebuah perusahaan multinasional yang mengolah dan mendistribusikan daging di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1979, McDonald’s memberi komisi kepada Tyson Foods untuk mengolah nugget ayam.

Jenis – jenis Nugget

Seiring dengan perkembangan selera konsumen di pasaran, nugget kemudian semakin berkembang. Modifikasi cita rasa bahkan mengganti bahan utamanya. Beikut jenis-jenis nugget yang ada di pasaran dan wajib dicoba:

1. Nugget Ayam

    *resepkoki.id

      Nugget ayam merupakan salah satu jenis nugget yang paling laku di pasaran. Selain enak dan praktis, nugget ayam mengandung protein, karbohidrat, lemak, asam amino, serta beberapa jenis vitamin dan mineral.

2. Nugget Sapi

*bp-guide.id

    Bagi yang tidak menyukai ayam, nugget sapi bisa menjadi alternatif. Kandungan gizi yang terdapat pada nugget ini sangat banyak seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

3. Nugget Tempe

*id.pinterest.com

    Tempe adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Kreasi nugget dari tempe bisa menjadi satu alternatif olahan tempe yang terjangkau sekaligus menyehatkan. Tempe kaya akan protein nabati, vitamin B, zat besi, kalsium, fosfor serta lemak baik.

4. Nugget Tahu

*craftlog.com

     Jika tempe bisa dibuat nugget, maka tahu pun bisa kamu buat menjadi nugget. Kandungan gizi dalam tahu sama halnya dengan tempe yakni kaya akan protein nabati, zat besi, kalsium, vitamin B, lemak baik serta fosfor.

5. Nugget Ikan

*endeus.tv

    Ikan mengandung protein, omega 3, zat besi, yodium dan kaya akan nutrisi, bahkan kandungan gizi di dalam ikan lebih banyak dibandingkan daging sapi atau ayam. Kandungan lemak yang relatif lebih rendah sehingga aman dikonsumsi terus menerus baik untuk cemilan ataupun dikonsumsi bersama nasi.

6. Nugget Kentang

*cookpad.com

    Cemilan sehat dan mengandung karbohidrat sehingga dapat mengenyangkan dan tentunta sehat. Kentang dengan rasa manis yang ringan dan khas serta mudah diolah mengandung banyak manfaat diantaranya; Kandungan antioksidan dalam bentuk senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik di dalam kentang sangat tinggi. Hal ini dapat mencegah risiko penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan diabetes.

7. Nugget Pisang

*resepkoki.id

    Gak lupa juga ada varian nugget manis dari pisang yang cocok untuk dijadkan cemilan. Pisang mengandung banyak gizi di dalamnya diantaranya adalah air, gula, protein, lemak dan minyak, serat Selulosa, pati dan asam tanin, vitamin, kalsium, Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng. Jadi, nugget pisang bukan hanya cemilan biasa, tapi juga menyehatkan.


Fety Fazriati Rakhman (rakhmanfety@gmail.com)


Komentar

Postingan Populer